Presiden FIFA Serahkan Langsung Trofi Piala AFF 2022 ke Timnas Thailand

SPORT.AKUGENIUS.COM - Presiden FIFA Gianni Infantino menyerahkan langsung trofi juara Piala AFF 2022 kepada Timnas Thailand. Momen ini menarik karena Piala AFF tidak masuk dalam kalender FIFA. 

Presiden FIFA Serahkan Langsung Trofi Piala AFF 2022 ke Timnas Thailand
Presiden FIFA Serahkan Langsung Trofi Piala AFF 2022 ke Timnas Thailand

Kejadian ini terjadi setelah Infantino menyaksikan leg kedua final yang digelar di Stadion Thammasat, Rangsit pada Senin (26/1/2023) malam WIB. Laga final mempertemukan timnas Thailand melawan Vietnam, dan Thailand menang dengan skor 1-0 lewat gol tunggal Theerathon Bunmathan (24'). Ini membuat Thailand berhak atas gelar dengan skor agregat 3-2. 

Meski Piala AFF 2022 bukan bagian dari FIFA, Presiden FIFA terlihat sangat antusias menyaksikan pertandingan tersebut. Ia pun hadir pada laga pembuka di Singapura dan menunjukkan posisi turnamen semakin dihargai meski tidak masuk dalam sistem kompetisi FIFA.

Presiden FIFA, Gianni Infantino, secara langsung menyerahkan trofi juara Piala AFF 2022 kepada Timnas Thailand. Ini menjadi momen yang menarik karena Piala AFF tidak masuk dalam kalender FIFA. Hal ini terjadi setelah Infantino juga menyaksikan langsung leg kedua partai final yang digelar di Thammasat Stadium, Rangsit pada Senin (26/1/2023) malam WIB. 

Laga final mempertemukan Timnas Thailand melawan Vietnam, dimana Thailand menang dengan skor 1-0 melalui gol tunggal Theerathon Bunmathan (24’). Thailand kemudian berhak atas gelar juara dengan skor agregat 3-2.

Meski Piala AFF 2022 bukan bagian dari FIFA Matchday, namun Presiden FIFA terlihat antusias menyaksikan pertandingan tersebut. Seperti yang diperlihatkan dalam video yang diunggah di laman resmi AFF, dia langsung beranjak dari kursi untuk mengikuti upacara penutupan di lapangan. 

Dia langsung menyerahkan trofi kepada Timnas Thailand sebagai pemilik gelar tahun ini. Ini juga memastikan bahwa tim Gajah Perang -julukan Thailand- berhasil mengemas 7 gelar juara Piala AFF sepanjang sejarah.

Dalam beberapa tahun terakhir, Presiden FIFA sangat tertarik dengan sepak bola Asia Tenggara. Puncaknya setelah tragedi Kanjuruhan, dia langsung berkunjung dan meninspeksi ke Indonesia. Dalam Piala AFF 2022, Presiden FIFA mengadakan pembukaan pertandingan di Singapura. 

Kemenangan beruntun Gianni Infantino di Piala AFF menunjukkan posisi turnamen semakin diapresiasi meski tidak dalam sistem kompetisi FIFA. Sebelumnya, setelah leg kedua semifinal antara Malaysia dan Thailand, di akun resminya, FIFA mengunggah video suporter Malaysia yang bersorak untuk Thailand. Laman itu pun melindungi pemulihan dari sepak bola.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url